Cara Instal Printer Epson L3110

Total
0
Shares
Cara Instal Printer Epson L3110 dengan CD dan Tanpa CD

Cara Instal Printer Epson L3110 dengan CD dan Tanpa CD – Epson termasuk dalam merk printer yang banyak menjadi incaran. Produknya dikenal memiliki kemampuan mumpuni dan memberi hasil cetak yang memuaskan. Tipe terbarunya adalah Epson L3110. Cara instal printer Epson L3110 memerlukan beberapa tahapan, namun menjalankannya tidak sulit.

Keunggulan utama dari tipe ini adalah kegunaannya yang beragam. Print, fotocopy hingga scan dokumen dapat dilakukan melalui satu printer. Efisiensi merupakan faktor yang menjadi bahan pertimbangan sehingga Epson menciptakan printer yang multifungsi ini.

Seperti yang diketahui, pandemi menyebabkan banyak orang untuk lebih banyak berada di rumah. Meski begitu, aktivitas harus tetap berjalan. Printer bisa menjadi opsi untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan dengan cepat. Sebelum memakainya, kenali Cara instal printer Epson L3110 di Windows XP dan OS lainnya.

Cara Instal Printer Epson L3110 Menggunakan CD

Cara pertama yang banyak digunakan adalah menggunakan CD. Saat membeli printer Epson L3110, biasanya sudah disertakan beberapa item bawaan termasuk CD. Sebelum melakukan instalasi melalui CD, masukkan dulu tinta printer ke dalam perangkatnya. Berikut cara instal printer Epson L3110 dengan CD yang bisa di praktikkan:

  1. Memasukkan CD ke Laptop

Sambungkan laptop dengan kabel data bawaan dari printer. Berikutnya masukkan CD milik Epson L3110 pada DVD Room. Tunggu beberapa saat, laptop akan melakukan pembacaan CD. Apabila CD sudah berhasil terbaca, logonya akan muncul pada My Computer. Klik pada logo CD tersebut, lalu cari tulisan “Install Navi” kemudian klik.

  1. Mengikuti Prosedur Epson

Prosedur dalam cara instal printer Epson L3110 bisa dilakukan tanpa bantuan. Kamu cukup dengan mengikuti seluruh instruksi yang diberikan oleh Epson secara bertahap. Terus tekan tombol “Next” hingga ada halaman bertuliskan “Print Test Page”.

Tunggu hingga proses instalasinya selesai. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, tandai di bagian “Easy Photo Print” serta “Easy Photo Scan”. Totalnya ada empat item yang perlu diinstal untuk memaksimalkan fungsi printer tipe L3110.

  1. Menyelesaikan Instalasi

Cara instal printer epson l3110 selanjutnya membaca ketentuan yang ada sebelum melanjutkan, jika sudah menyetujui langsung tekan “Agree”. Pilihlah bahasanya yaitu English, karena disini belum tersedia bahasa Indonesia. Tunggu beberapa saat hingga instalasi Windows Installer berhasil.

Klik “Next” sampai ada notifikasi yang menyebutkan instalasinya berhasil, lalu tekan “Finish”. Kamu bisa menunggu beberapa saat, karena proses ini akan berjalan untuk beberapa menit lagi.Hal ini berlangsung hingga seluruh fiturnya terbaca dalam laptop. Instalasi keseluruhan selesai jika muncul tulisan “Successful”. Selesaikan dengan tombol “Ok”, diakhiri dengan “Exit”.

Pastikan apakah instalasi sudah bekerja dengan baik. Caranya  dengan mengecek langsung di laptop. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih “Start” diikuti dengan “Control Panel”. Pilih menu “Device & Printer”. Nama driver dari Epson L3110 akan muncul jika instalasinya berhasil.

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Cara Instal Printer Epson L3110 Tanpa CD

Cara instal printer Epson L3110 tanpa CD bisa dilakukan dari situs Epson. Jadi, memerlukan sambungan dengan internet untuk mendownload driver yang baru. Bagi kamu yang ingin melakukan instalasi tanpa CD, simak langkah cara menginstal printer Epson L3110 tanpa CD berikut:

  1. Mengunjungi Situs Epson

Bukalah situs resmi Epson terlebih dahulu. Di halaman utamanya, ketikkan model dari printer yang digunakan. Tuliskan Epson L3110 kemudian tekan lambang “Search” untuk melakukan pencarian. Epson akan menampilkan daftar model printer, lalu klik pada tipe yang sesuai.

Cara instal printer Epson L3110 berikutnya yaitu memilih sistem operasi yang digunakan di laptop. Sebelumnya perlu diingat bahwa versi OS yang diunduh haruslah sesuai dengan yang ada di laptop. Sebagai contoh, laptop dengan Windows 7 32-bit juga harus mengunduh driver dengan sistem yang sama.

  1. Mengunduh File Driver

Tekan pada tulisan Drivers+ yang ada di menu download. Nantinya, dari sini kamu bisa melihat daftar sistem OS untuk dipilih sebelum memulai download. Langkah berikutnya adalah memilih yang sesuai dengan laptop, kemudian tekan “Download”.

Epson akan memberi notifikasi berupa informasi mengenai printer yang digunakan. Mulai dari nama produk, bahasa, OS, versi, negara, dan sebagainya. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan yang dipilih. Tekan “Accept” untuk melanjutkan.

  1. Membuka Folder Penyimpanan Driver

Setelah itu silahkan kamu buka folder penyimpanan driver yang sudah kamu unduh. Berikutnya, di klik dua kali. Kemudian, kamu akan ditampilkan kotak dialog dengan pilihan opsi yakni Setup, Cancel, dan About. Kamu bisa memilih Setup. Ikuti panduan selanjutnya.

  1. Memilih Jenis Printer

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan memilih model Epson L3110, lalu klik OK. Kemudian, kamu diminta untuk memilih Bahasa Indonesia dan tekan OK. Setelah itu, kamu akan ditampilkan perjanjian lisensi, pilih tombol Setuju dan klik OK.

  1. Muncul Notifikasi Windows Security

Cara instal printer Epson L130 tanpa CD yang harus diperhatikan yakni apabila ditampilkan notifikasi Windows Security, maka kamu harus melakukan centang pada bagian yang bertuliskan Always Trust Software, lalu tombol Install ditekan.

Kamu harus memastikan bahwa kabel USB printer telah tersambung dengan laptop dan printer sudah dinyalakan. Jika printer belum menyala, maka kamu harus menekan tombol power.

  1. Tunggu hingga Komputer Mengidentifikasi Printer

Cara instal printer Epson L3110 tanpa CD yang terakhir adalah dengan menunggu beberapa saat sampai komputer selesai mengidentifikasi printermu. Nantinya, akan ada notifikasi yang memberitahukan printer telah tersambung.

Proses instalasi akan selesai, jika kamu mendapatkan notifikasi bahwa  penginstalan driver printer dan konfigurasi berhasil diselesaikan. Setelah itu, cobalah untuk mencetak dokumen.

Baca Juga : Cara Scan di Printer Epson L3110

Akhir Kata

Setelah mengetahui Cara Instal Printer Epson l3110, kamu sudah bisa mencetak dokumen, scan, dan juga fotocopy. Setelah driver scanner berhasil terpasang, pastikan driver scanner dapat digunakan untuk melakukan proses scanning. Sekarang kamu sudah dapat mengerjakan berbagai hal melalui satu printer yang terhubung dengan laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Cetak Foto Polaroid dengan Printer Biasa

7 Cara Cetak Foto Polaroid dengan Printer Biasa

Cara Cetak Foto Polaroid dengan Printer Biasa – Untuk kamu yang ingin foto ala polaroid tapi tidak punya kamera polaroid, tidak perlu sedih. Karena ada cara cetak foto polaroid dengan printer biasa. Bahkan kamu bisa mendapatkan layout foto polaroid kamu dengan microsoft word, loh. Banyak orang yang menginginkan fotonya agar berbentuk foto polaroid. Kenapa? Sebab … Read more
View Post
Cara Reset Printer Epson L3110, L3100, L3001, L3150

Cara Reset Printer Epson L3110, L3100, L3001, L3150

Cara Reset Printer Epson L3110, L3100, L3001, L3150 – Epson merupakan salah satu printer yang banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Namun printer ini juga sering memiliki kendala eror seperti lampu di tombol power tinta mati, Tinta macet, Kertas printer tidak keluar, dan sejenisnya. Salah satu cara memperbaikinya yaitu dengan reset secara manual ataupun reset … Read more
View Post
Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Error 5B00

Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Error 5B00

Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Error 5B00 – Bagi kamu pengguna printer canon seri iP2770 pasti pernah setidaknya sekali menemui masalah error 5B00. Jenis error satu ini memang bisa dibilang yang paling sering terjadi. Ada beberapa cara memperbaiki printer Canon iP2770 error 5B00. Bahkan langkah-langkahnya bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa perlu mendatangi tukang … Read more
View Post
Cara Setting Kertas Printer Thermal 58mm

Cara Setting Kertas Printer Thermal 58mm

Cara Setting Kertas Printer Thermal 58mm – Melakukan pengaturan kertas memang mudah dilakukan oleh siapa saja, tapi terkadang jika tahu jenis printer yang dipakai berbeda dengan biasanya kebanyakan orang akan mengatakan tidak bisa. Hal itulah yang menyebabkan masih banyak orang yang kurang tahu cara setting kertas printer thermal 58mm. Faktor lainnya dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai … Read more
View Post
Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

8 Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print – Teknologi memang sudah semakin maju, namun beberapa masih kurang paham bagaimana menggunakannya seperti printer. Cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print cukup sering ditanyakan orang-orang. Merek-merek printer saat ini sudah semakin banyak, mulai dari Epson, Canon, HP dan lainnya. Hanya saja, apapun mereknya kendala yang … Read more
View Post
Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120 – Apakah kamu pengguna printer Epson L120 ? Jika iya, mungkin kamu pernah mengalami masalah seperti lampu indikator yang berkedip atau juga printer yang tidak bisa mencetak. Masalah ini kadang cukup mengganggu, apalagi jika kamu sedang buru-buru. Biasanya, untuk menyelesaikan masalah ini kamu perlu melakukan reset printer kamu. Baik dengan … Read more
View Post